Friday, April 20, 2012

laporan saklar tukar


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang
Fasilitas komunikasi dan transportasi dunia mengalami kemajuan pesat selama beberapa tahun ini,termasuk perdagangan.Untuk memudahkan perdagangan ini,standarisasi internasional di segala bidang memegang peranan yang sangat penting,namun untuk itu dibutuhkan kegiatan kerja sama yang sangat berat.Beberapa komisi bekerja sama dengan komisi-komisi internasional,yang tergabung dalam suatu staf yang besar,dan bekerja keras mencapai tujuan bersama.
Dalam hal ini kita mengenal ISO (Internasional organisasion commission),Internasional Electrical Comission atau TEC meliputi standarisasi peralatan listrik,seperti cara penggambaran dan kode-kodepengamanan dalam  pemasangan,IEC menyusun semua rekomendasi dalam bentuk buku dan setiap negara anggota bertanggung jawab atas pelaksanaannya.
1.2  Tujuan
Adapun tujuan dari praktek rancangan listrik antara lain :
1.      Kita dapat melakukan pemasangan rancangan listrik sesuai dengan cara penggambaran dank ode-kode pengaman dalam pemasangannya.
2.      Kita dapat mengetahui seluk beluk rancangan listrik mulai dari pembangkit sampai ke beban sesuai dengan PUIL
3.      Kita dapat menggunakan peralatan listrik sesuai dengan standarisasi peralatan listrik dalam melakukan perancangan listrik.

BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 SAKLAR DUA ARAH ATAU SAKLAR TUKAR
Saklar dua aarah mempunyai 3 kutub yaitu kutub input dan dua kutub output.
Adapun system pengaturan saklar dua arah dengan dua buah lampu ini bertujuan untuk mengoperasikan dua buah lampu secara bergantian.
                             

 

2.2 SISTEM PENGATURAN SAKLAR DUA ARAH DENGAN DUA BUAH LAMPU
            Adapun system pengaturan saklar dua arah dengan dua buah lampu ini bertujuan untuk mengoperasikan dua buah lampu secara bergantian.
Perhatikan gambar rangkaian di bawah ini :
                  
            Sistem rangkaian seperti ini jarang sekali di pasang pada rangkaian instalasi listrik rumah tinggal karena akan terjadi pemborosan pemakaian arus listrik perbulannya,dan akan terjadi pembengkakan pembayaran tagihan listrik.
2.3 SISTEM PEMASANGAN SAKLAR DUA ARAH DENGAN SATU LAMPU
            Sistem pengaturan saklar dua arah dengan satu lampu ini berfungsi untuk pengoperasian satu lampu pada dua tempat .
Perhatikan gambar berikut :
                                               

          
Gambar diagram pengawatan
Sistem pengaturan saklar dua arah dengan satu lampu ini sering digunakan pada pemasangan instalasi rumah bertingkat, yang berguna untuk penerangan tangga pada rumah tersebut.

BAB III
LANGKAH KERJA
3.1  Sistem rangkaian saklar dua arah dengan dua buah lampu
1.      Letakkan power suplay,kotak hubung dan  lampu pada papan kerja
2.      HUbungkan penghantar dari power supaly ke terminal kotak hubung, kemudian dari kotak hubung dihubungjan ke terminal input saklar.
3.      Untuk L1 di hubungkan ke terminal X1 pada lampu satu dan L2 di hubungkan ke terminal X1 lampu dua
4.      Untuk netral dari kotak hubuang di hubungkan ke terminal X2 masing-masing lampu.
5.      Maka ujilah rangkaian anda,apabila saklar di on kan maka lampu 1 akan hidup .dan apabila saklar di offkan maka lampu dua akan hidup dan lampu satun akan mati.
3.2  Sistem pengaturan saklar dua arah dengan satu lampu
1.      Letakkan power suplay,kotak hubung dan  lampu pada papan kerja
2.      Hubungkan penghantar dari power supaly ke terminal kotak hubung, kemudian dari kotak hubung dihubungjan ke terminal input saklar
3.      Untuk L1 saklar di hubungkan ke terminal L1 saklar 2. Dan L2 di hubungkan ke termianal L2 saklar 2.
4.      Untuk input saklar 2 dihubungkan ke terminal X1 lampu
5.      Untuk netral dari powert suplai di hubungkan ke terminal kotak hubung, kemudian dari kotak hubung di hubungkan ke terminal X2 lampu
6.      Maka apabila saklar 1 di on kan lampu akan hidup, apabila saklar 2 di off kan maka lampu akan mati


BAB IV
ANALISA
1.      Pada pemasangan saklar dua arah dengan dua lampu ini kita menggunakan saklar tukar saklar tukar adalah saklar yang mempunyai 3 kutub yaitu kutub common dan kutub L1 dan L2. Apabila saklar di ON kan maka lampu 1 akan hidup,dan apabila saklar di OFFkan maka lampu 2 akan hidup dan lampu satu akan mati
2.      Pada rangkaian saklar dua arah dengan satu lampu ini kita juga menggunakan 2 saklar tukar yang di gunakan untuk mengatur satu buah lampu. Apabila saklar 1 di ONkan maka lampu akan hidup,apabila saklar 2 di offkan maka lampu  akan mati.dalam rangkaian ini kita bisa megnhidup dan mematikan  lampu pada setiap saklar.


BAB V
KESIMPULAN
1.      Pada rangkaian system pengaturan saklar dua arah dengan dua lampu ini kita menggunakan saklar tukar yang berfungsi untuk mengatur dua buah lampu secara bergantian
2.      Pada rangkaian saklar tukar dengan satu lampuini kita daoat mengoperasikan satu lampu di dua tempat

 
DAFTAR PUSTAKA
Teknik rancangan listrik Semester 1 Jurusan Teknik Listrik, PEDG Bandung

2 comments:

Zmil globs said...

izin share gan hehe
terima kasih

Zmil globs said...

izin share ya gan hehe terima kasih